5 BUDAYA UNIK TAK LAZIM YANG ADA DI INDONESIA

Leave a Comment
                Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai 5 budaya unik tak lazim di indonesia. Anda pasti tidak akan menyangka dengan kegiatan unik dan mistis ini. Nah berikut informasinya.
1.       Ma’ nene -Toraja
Siapa sangka di tanah toraja terdapat kegiatan unik yang merupakan bagian berharga dari tanah indonesia. Budaya ini adalah menghidupkan kembali orang yang sudah meninggal untuk elakukan pembersihan mayat.
Bahkan situs terkemuka DailyMail.co.uk pernah membahas kegitan ini dan menyebutnya sebagai ritual zombie atau menghidupakan mayat. Seperti diketahui, orang yang sudah mati dan dikubur kemudian akan dibongkar dan akan berjalan sendirinya.
2.       Ikipalin- wamena
Siapa sangka di Wamena Papu sana, terdapat ritual yang cukup miris bagi kita sebai orang awam. Ritual yang disebut ikipalin yaitu memotong jari tangan jika ad salah satu kerabat yang meninggal dunia.
Hal ini untuk menunjukan rasa sedih yang amat dalam atas orang yang meninggalkannya. Maka jangan heran kalau ada kerabatnya yang meninggal kerabat yang lain tidak menangis karna sudah melakukan ikipalin.
3.       Debus – Banten
      
Siapapun pasti tahu debus, debus adalah atraksi kekebalan yang berasal dari banten. Debus ini merupakan bagian dari atraksi pencak silat, diman seseorang akan melakukan atraksi kekebalan tahan terhadap golok, pisau, dan sejenisnya bahkan tahan terhadap senjata api sekalipun. Biasanya sebelum melakukan debus ada ritual tertentu yang harus dilakukan.
4.       Tongkat madura dan goyang madura
      
Di madura terdapat tongkat ajaib yang dikenal tongkat madura, atau anda mungkin mengenal dengan goyang madura ini adalah tradisi yang dilakukan oleh wanita madura yang bertujuan untuk meningkatkan kehebatan wanita dalam hal S*K*S**L seta mengepalkan V**I*A yang sudah kendur dan dapat menjadikan nya harum.
5.       Beras kuning – Kalimantan
       
Suku Dayak Manyaan meniliki tardisi yang diberi nama bras kuning atau menabur beras kuning. Ritual ini bertujuan untuk memanggil para roh leluhur agar memberian kekuatan pada suku dayak manyaan. Bahkan diberitakan beras kuning yang ditebar memiliki daya mistis yang kuat.


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar:

Post a Comment